Apakah Biopori Termasuk Teknologi Ramah Lingkungan?


Sebelum kita membahas tentang teknologi ramah lingkungan, ada baiknya kita ketahui asal dari kata teknologi. Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu technologia (techne dan logia) yang memiliki arti suatu cara meliputi proses teknik, metode dan pengetahuan yang bertujuan untuk m
enyelesaikan suatu tugas. Jika diartikan lebih luas maka teknologi dapat diartikan kumpulan berbagai teknik atau pengetahuan manusia untuk memproduksi sesuatu yang diinginkan, memuaskan keinginan, memenuhi kebutuhan dengan menggabungkan berbagai sumber daya serta menggunakan metode teknis, proses, keterampilan, alat dan bahan baku.

Pada masa sebelum abad ke 20, istilah teknologi digunakan untuk menjelaskan hasil studi tentang seni atau kerajinan. Memasuki abad ke 20, istilah teknologi mulai digunakan yang berkaitan dengan revolusi industri, khususnya dibidang bisnis dan iptek.

Selama abad ke 20, istilah teknologi digunakan untuk beberapa hal yaitu :
  1. Sebagai objek, meliputi peralatan, senjata, instrumen, mesin dan perangkat fisik teknis.
  2. Sebagai pengetahuan yaitu studi yang digunakan untuk memahami tentang apa dan bagaimana suatu proses dilakukan khususnya proses yang ada dibalik inovasi teknologi. 
  3. Sebagai suatu kegiatan yaitu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang yang mencakup metode, keahilan, rutinitas dan prosedur.
  4. Sebagai sebuah proses yaitu teknologi yang diakibatkan adanya kebutuhan atau permasalahan dan diakhiri oleh suatu solusi (penyelesaian).
  5. Sebagai sistem sosioteknik yaitu membuat dan menggunakan benda-benda yang mengkombinasikan antara manusia dan benda lain.
Pada dasarnya tujuan dari teknologi adalah untuk menjadikan manusia dapat hidup lebih baik dan dapat membantu manusia dalam mencukupi kebutuhan hidupnya. Untuk itu kita harus mensyukuri dan menghargainya.

Saat ini, dimana kerusakan lingkungan dan tingkat polusi semakin meningkat, mengakibatkan berkembangnya teknologi ramah lingkungan. Dari teknologi ramah lingkungan tersebut diharapkan dapat meningkatkan penghematan penggunaan energi (sumber daya alam) dan pencemaran lingkungan dapat dikurangi.

Teknologi ramah lingkungan atau umumnya dikenal juga dengan nama teknologi berkelanjutan merupakan suatu teknologi yang memiliki sifat ramah bagi lingkungan dan berdampak positif bagi lingkungan hidup. Umumnya teknologi ramah lingkungan memanfaatkan sumber daya alam atau sumber daya energi yang dapat diperbaharui seperti angin, sinar matahari dan air serta mengubahnya menjadi energi lain yang sedikit atau tidak menghasilkan polusi/limbah.

Hadirnya teknologi ramah lingkungan  merupakan suatu keharusan yang diharapkan dapat menjadi solusi kaitannya dengan permasalahan lingkungan hidup dan dapat menjaga kelestarian lingkungan hidup serta kelangsungan hidup manusia dimasa yang akan datang.

Anda tertarik ingin buat Biopori atau Sumur Resapan ?....Klik Disini



SAVE THE WATER...KEMBALIKAN DIA KE DALAM TANAH

Artikel Seputar Biopori dan Sumur Resapan

Cegah Penurunan Tanah Dengan Mengembalikan Air Ke Dalam Tanah