Berbagai Macam Alat Biopori dan Penggunaannya


Menyadari begitu penting dan bermanfaatnya lubang biopori serta sudah banyak tersedianya alat biopori maka sudah saatnya bagi kita dan masyarakat pada umumnya untuk segera membuat dan mempraktekkannya sebagai salah satu upaya untuk mengatasi banjir. Anda dapat membuatnya baik itu di rumah tinggal, gedung-gedung, sekolah, rumah sakit maupun di tempat anda saat ini berada.

Berbagai macam alat biopori sudah tersedia untuk membuat lubang biopori, baik itu yang menggunakan alat manual maupun mesin. Dengan berbagai macam spesifikasi dan harga, alat-alat tersebut dapat digunakan sesuai kebutuhan dan kemampuan anda menggunakannya. Banyak pengusaha yang menjual alat biopori dengan berbagai macam merek dan type. Harganya pun terjangkau sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anda.

Beberapa alat biopori yang umum digunakan diantaranya :

Alat Biopori Model U

Alat ini cocok digunakan untuk membuat lubang pada tanah berstruktur liat (Tanah Liat). Untuk memudahkan penggunaannya, pada pegangan alat tersebut terdapat karet. Spesifikasi dari alat biopori model U tersebut meliputi : tinggi 130 cm, panjang pegangan 42 cm, besi diameter 19 mm, Berat 4 kg dan bahan pisau dari Besi Hardner.

Alat Biopori Model Putar

Berbeda dengan alat biopori model U, alat model ini cocok digunakan untuk tanah berpasir. Pada bagian pegangan, terdapat karet untuk memudahkan dalam menggunakannya. Spesifikasi alat model ini hamper sama dengan yang model U, hanya berbeda pada mata bornya dimana untuk alat model putar menggunakan mata bor 2 buah Spiral Plate dengan  lebar plate 11,5cm  (efektif lubang 4″= 10cm).

Alat Biopori Mesin

Untuk membuat lubang biopori dengan alat biopori mesin, anda dapat menggunakan mesin bor tanah dimana mesin tersebut menggunakan mesin 2 tak dengan bensin dicampur oli samping 25 banding 1. Untuk matabor dapat menggunakan matabor standar berdiameter 10 cm.

Alat Biopori Tambahan (Penutup)

Berbagai macam aksesoris tambahan berupa penutup dapat diaplikasikan pada lubang biopori yang sudah dibuat. Penutup tersebut berfungsi untuk menahan kemungkinan lubang tertutup tanah/longsor.


Jika lokasi yang akan dibuat lubang biopori terdapat rumput atau semak-semak maka dianjurkan agar Anda memotong atau membersihkan terlebih dahulu area yang akan dibuat biopori dengan menggunakan alat pemotong rumput.

Anda tertarik ingin buat Biopori atau Sumur Resapan ?....Klik Disini

Produk Mesin Bor Biopori (Earth Auger)



SAVE THE WATER...KEMBALIKAN DIA KE DALAM TANAH

Artikel Seputar Biopori dan Sumur Resapan

Cegah Penurunan Tanah Dengan Mengembalikan Air Ke Dalam Tanah