Apakah Tidur Yang Cukup Merupakan Salah Satu Cara Mengurangi Kegemukan ?

Dahulu kebanyakan orang beranggapan bahwa dengan tidur yang lama dapat membuat tubuh menjadi kegemukan. Saya justru bertanya apakah dengan tidur yang lama merupakan salah satu cara mengurangi kegemukan ???

Jawabannya adalah saya tidak perlu tidur yang lama tetapi dengan tidur yang cukup maka hal itu merupakan salah satu cara mengurangi kegemukan. Hal tersebut terjadi karena disaat tidur, tubuh sedang melakukan proses pembakaran kalori.

Berikut beberapa hasil nyata berdasarkan penelitian terhadap beberapa partisipan :
-      Waktu tidur selama 1 - 4 jam : 73 % partisipan berpeluang menjadi gemuk
-      Waktu tidur selama 5 jam      : 50 % partisipan berpeluang menjadi gemuk
-      Waktu tidur selama 6 jam      : 23 % partisipan berpeluang menjadi gemuk

Dari hasil penelitian tersebut memperlihatkan bahwa peluang menjadi gemuk (obesitas) terjadi kepada orang yang memiliki waktu tidur yang sedikit yakni 1-4 jam/hari. Penjelasan yang diperoleh bahwa ketika Anda sedang tidak tidur di malam hari maka biasanya Anda lebih suka menonton televisi atau bekerja didepan komputer. Dan disaat Anda melakukan itu, Anda cenderung sambil mengkonsumsi makanan lebih banyak atau ngemil. Penjelasan lainnya bahwa akibat dari kurang tidur maka kadar hormone leptin akan ikut berkurang. Hormon leptin berfungsi untuk mengatur nafsu makan dan memberikan informasi ke otak tentang jumlah cadangan makanan yang masih tersedia dalam tubuh. Sebaliknya, dengan kurang tidur maka akan merangsang meningkatnya produksi hormone grehlin dimana hormon tersebut berfungsi untuk merangsang nafsu makan. Jika meningkat maka menyebabkan nafsu makan menjadi bertambah dan Anda cenderung mengalami kegemukan.

Untuk itu sangat dianjurkan untuk mengatur pola tidur Anda di malam hari dengan baik karena hal tersebut merupakan cara mengurangi kegemukan yang efektif dan mudah untuk dicoba.


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Capek baca artikel yang serius-serius, gantian lihat video-video seru...buat refreshing



Post a Comment