Pengolahan Limbah Plastik Untuk Menjaga Lingkungan

Kegiatan pertemuan tentang lingkungan hidup tidak pernah lepas membahas topik tentang cara pengolahan limbah pastik. Hal ini menjadi persoalan dikarenakan limbah plastik tidak bisa terurai oleh tanah, akibatnya dapat mencemari lingkungan. Pencemaran lingkungan akibat limbah plastik bahkan sering dibahas di beberapa penyelenggaraan seminar. Sehingga diharapkan dapat dipahami oleh generasi sekarang dan yang akan datang tentang pentingnya pengolahan limbah plastik.

Beberapa Cara Pengolahan Limbah Plastik


Pengolahan Limbah Plastik Dengan Cara Daur Ulang

Proses daur ulang limbah plastik dilakukan dengan tujuan untuk memisahkan partikel-partikel plastik sehingga dapat menjadi bahan baku untuk produk baru. Daur ulang tersebut merupakan satu cara pengolahan limbah plastik yang nantinya dapat menjadi produk baru seperti botol  minuman, biji plastik, dan produk-produk baru lainnya. Banyak negara yang sudah melakukan proses ini.

Untuk melakukan proses daur ulang limbah plastik dapat menggunakan mesin incinerators. Mesin pengolahan limbah plastik ini khusus diperuntukkan untuk proses daur ulang limbah plastik dan sudah digunakan oleh banyak Negara. Untuk mengolahnya, semua limbah plastik dibakar terlebih dahulu dengan mesin ini. Efek yang timbul dari tahap pembakaran ini adalah timbulnya polusi atau pencemaran udara akibat dari proses pembakaran tersebut.

Mengurangi Pengolahan Limbah Plastik Dengan Membiasakan Penggunaan Produk Berbahan Ramah Lingkungan

Jika semakin banyak masyarakat menggunakan produk berbahan plastik, tentu tujuan utama untuk mengurangi pengolahan limbah plastik menjadi terganggu. Larangan menggunakan produk berbahan plastik sudah diterapkan dibeberapa negara di dunia. Tujuannya selain untuk mengurangi volume limbah berbahan plastik, juga untuk membiasakan masyarakat tidak tergantung dengan produk berbahan plastik, akan tetapi lebih mengedepankan penggunaan produk berbahan ramah lingkungan. Contoh, penggunaan tas berbahan kertas atau bahan lainnya selain plastik ketika berbelanja.  

Semakin banyaknya limbah plastic tentu akan berdampak besar terhadap lingkungan hidup. Perlu adanya dukungan dari Pemerintah maupun masyarakat dalam melakukan pengolahan limbah plastik. Pemerintah harus banyak menyediakan tempat-tempat sampah khususnya di tempat publik atau keramaian. Tempatkan bak-bak sampah di tempat-tempat yang strategis dan mudah di jangkau oleh masyarakat.

Selain itu, sosialisasi yang lebih intens dari Pemerintah harus sering dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan, mencintai lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, memisahkan antara sampah basah dan sampah kering. Pelatihan-pelatihan kepada masyarakat khususnya dalam melakukan pengolahan limbah plastic yang mudah, murah dan ramah lingkungan harus pula sering digalakkan oleh pihak Pemerintah maupun pihak Swasta. Penerapan peraturan dan sangsi harus lebih tegas terhadap segala pelanggaran khususnya yang mengarah kepada kerusakan lingkungan hidup. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, akan tetapi jika semua masyarakat sudah sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan, tentu semua pihak baik itu Pemerintah, Swasta maupun Masyarakat pasti akan mendukung.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Capek baca artikel yang serius-serius, gantian lihat video-video seru...buat refreshing



Post a Comment