Mau Tahu Jenis Batu Akik Terbaik Yang Bernilai Mahal ?

Belakangan ini demam batu akik sedang melanda tidak saja masyarakat penggemar benda antik dan pedagang, bahkan tokoh ternama sampai bintang film juga ikut terjangkiti dan turut mengkoleksi. Jenis batu akik terbaik seperti ruby, kalimaya, kecubung, safir hingga amethyst sudah terlebih dahulu dikenal. Terakhir yang saat ini sedang naik daun dan banyak dicari adalah batu akik sungai dareh dan bacan.

Dua Jenis Batu Akik Terbaik

Harga batu akik sungai dareh bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah tergantung jenisnya. Keunikan dari jenis batu akik sungai dareh adalah terletak pada warna dan corak batu yang terlihat sangat menawan. Selain itu, batu akik sungai dareh memiliki kekerasan layaknya batu mulia kualitas internasional, dengan kekerasan hingga 7 skala mohs. Kekerasannya sama dengan kekerasan batu giok yang sudah lama dikenal ribuan tahun yang lalu. Hal ini yang menyebabkan batu akik sungai dareh termasuk salah satu jenis batu akik terbaik.

Selain batu akik sungai dareh, yang juga sedang naik daun dan banyak dicari adalah batu akik bacan. Batu akik bacan juga merupakan jenis batu akik terbaik karena memiliki keindahan. Batu bacan merupakan batu mulia yang berasal dari Indonesia tepatnya di Pulau Bacan. Pulau ini terletak di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Batu bacan memiliki 2 jenis yakni batu bacan doko dan batu bacan palamea. Kedua jenis batu bacan inilah yang saat ini sedang menjadi incaran dan perbincangan diantara penghobi batu permata.

Ciri fisik dari batu bacan adalah rata-rata memiliki warna hijau. Harga dari batu bacan pun bervariasi mulai dari kisaran ratusan ribu hingga ratusan juta. Batu bacan termahal yang pernah dijual harganya bahkan mencapai Rp. 150 jutaan. Batu bacan baik itu yang jenis doko maupun palamea memiliki keunikan tersendiri yakni mampu mengkristal secara alami meskipun sudah tidak tertimbun dalam tanah dan sudah diolah menjadi perhiasan. Karena sifatnya itu, masyarakat bahkan menjuluki batu bacan sebagai batu hidup (bernyawa). Itulah yang menjadi faktor sehingga batu bacan merupakan jenis batu akik terbaik.



Batu bacan dibagi menjadi tiga jenis dan menjadi nama (sebutan) dikalangan penghobi batu hias yakni Bacan Doko, Bacan Palamea dan Bacan Obi. Ketiganya berasal dari wilayah yang sama yakni Maluku Utara.

Meskipun memiliki asal wilayah yang sama, namun memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Meskipun berbeda karakteristik, ketiganya termasuk jenis batu akik terbaik yang banyak dicari oleh penghobi batu hias. Untuk membedakan ketiganya tidak lah sulit dan dapat dilakukan dengan mata telanjang (kasat mata), karena ketiganya mempunyai warna yang berbeda,

Penamaan ketiga jenis batu bacan tersebut berdasarkan tempat asal pertama kali batu bacan itu ditemukan. Batu bacan Doko ditemukan di sebuah desa bernama Desa Doko, PUlau Kasiruta, Kecamatan Bacan Barat, Maluku Utara. Bacan doko ada yang berwarna hijau bening, ada juga yang berwarna hijau tua gelap. Ada yang menyebutnya dengan hijau cincau.

Kekhasan dari batu bacan doko adalah jika disorot lampu akan terlihat warna hijau cerah. Dibandingkan jenis bacan palamea, bacan doko yang berwarna cincau akan lebih cepat mengalami perubahan warna. Sekitar 3 – 4 bulan warna hijau akan berubah dari semula hijau agak gelap menjadi lebih muda dan cerah. Harga akan semakin mahal jika warna semakin cerah.

Bacan palamea terdapat di Desa Palamea, Kecamatan Bacan Barat, Maluku Utara. Ciri fisik utamanyaadalah memiliki warna hijau kebiru-biruan. Bacan palamea lebih lambat mengkristal menjadi bening dibandingkan jenis doko.

Terakhir, yang juga termasuk jenis batu akik terbaik yang banyak dicari adalah batu bacan jenis obi. Berbeda dengan bacan doko dan palamea yang ditemukan di pulau Bacan. Jenis obi ditemukan di Pulau Obi, Maluku Utara. Bacan obi memiliki warna yang bervariasi. Ada yang berwarna kuning, merah dan orange. Harga batu bacan obi juga bervariasi, untuk bacan obi orange sekitar Rp.2.500.000, sedangkan bacan obi kuning dihargai Rp.3.590.000.


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Capek baca artikel yang serius-serius, gantian lihat video-video seru...buat refreshing


Post a Comment