Mungkinkah Minum Kopi Bisa Mencegah Serangan Jantung ?

Untuk Anda yang suka dan terbiasa minum kopi, ini ada kabar gembira. Ternyata kebiasaan Anda tersebut merupakan salah satu cara mencegah serangan jantung akibat dari penyumbatan arteri.

Sebuah tim peneliti di Korea mencoba untuk membandingkan antara orang sehat yang tidak minum kopi dengan orang yang minum kopi sebanyak 5 cangkir sehari. Dan hasilnya memperlihatkan bahwa  orang yang minum kopi mempunyai resiko lebih kecil untuk terjadinya pengendapan kalsium dalam pembuluh arteri koroner dibandingkan dengan orang sehat yang tidak minum kopi. Salah satu penyebab terjadinya serangan jantung jika terjadi pengendapan kalsium dalam pembuluh arteri. Bahkan dengan hanya minum secangkir kopi sehari juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena kopi memiliki antioksidan.

Dalam penelitiannya, tim melakukan ujicoba kepada 25 ribu orang pria dan wanita dengan usia diatas 41 tahun. Mereka diminta untuk mengisi kuesioner yang meliputi tentang kebiasaan minum dan pola makan. Mereka juga melakukan CT Scan sehingga dapat diketahui tingkat pengendapan kalsium dalam arteri koroner. Selanjutnya tim peneliti membandingkan tingkat pengendapan antara peserta yang tidak minum dan peserta yang minum kopi. Selain itu factor-faktor lain seperti kebiasaan merokok, jenis dan bentuk aktifitas serta banyaknya buah dan sayuran yang dikonsumsi.

Tim peneliti menekankan bahwa hasil dari penelitian ini tidak menunjukkan korelasi antara resiko penyakit jantung dengan konsumsi kopi. Juga tidak menunjukkan kaitan antara kebiasaan minum kopi dengan jumlah pengendapan kalsium. Penelitian ini hanya menyimpulkan bahwa minum kopi dapat mencegah serangan jantung. Meskipun demikian sebaiknya jangan minum kopi terlalu banyak. 


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Capek baca artikel yang serius-serius, gantian lihat video-video seru...buat refreshing