Dampak Dari Ucapan Kasar


Ucapan kasar bisa menjadi penyakit menular, itu menurut pendapat dari ust. Felix Siauw. Tentu akan semakin berbahaya jika ucapan kasar itu dilontarkan oleh seorang pemimpin atau public figure. Bayangkan berapa banyak orang yang akan tertular oleh ucapan dari pemimpin atau public figure tersebut. Berapa banyak anak-anak yang akan meniru ucapan kasar yang dia dengar dari idolanya. JIka pendapat ust. Felix Siauw benar, tentu Ini berbahaya dan tidak bisa dibiarkan.

Orang Indonesia dikenal sebagai orang yang sopan dan ramah. Mungkinkah suatu saat nanti orang Indonesia akan dikenal sebagai orang yang tidak sopan dan tidak ramah?. Bisa saja, jika kelakuan dan ucapan-ucapan dari para pemimpin atau public figure tersebut tidak memberikan contoh yang baik alias sering mengeluarkan ucapan kasar.

Selain akibat/bahaya menular, beberapa kasus berikut bisa menjadi contoh akibat/bahaya dari ucapan kasar dari seorang pemimpin dan public figure :

Seorang politisi dan pengusaha Australia bernama Clive Palmer mendapat kecaman luas dari masyarakat Australia khususnya para peternak akibat ucapan kasarnya. Dia menyebut warga China salah satunya sebagai bajingan. Akibat ucapan kasar tersebut menyebabkan kerjasama ekspor ternak hidup ke China terganggu. Pasar ekspor ternak hidup ke China yang semula diperkirakan bisa mulai 3-4 bulan kedepan, menjadi terganggu dan tidak bisa terjadi dalam waktu dekat. Bahkan pihak China mulai menurun antusiasmenya. Menyadari akan kekeliruannya, Clive Palmer akhirnya menyampaikan permintaan maafnya.
Akibat mengeluarkan ucapan kasar menyebabkan Jose Mourinho didenda sekitar Rp. 495 juta oleh Komisi Disiplin FA. Mourinho melontarkan ucapan kasarnya dengan menyebut wasit Anthony Taylor telah melakukan kesalahan besar. Ucapan tersebut dianggap telah melecehkan korps baju hitam. Kejadian itu terjadi setelah pertandingan antara Chelsea dan Southampton tanggal 28 Desember 2014 yang berakhir dengan skor 1-1.

Para pecinta sepak bola tentu mengenal Zlatan Ibrahimovic yang saat ini bermain untuk klub Paris St Germain Perancis. Akibat kekalahan yang di alami klubnya, Zlatan Ibrahimovic mengeluarkan ucapan kasar dalam sebuah wawancara televise Canal TV Plus. Hal ini mendapat respon dari Patrick Kanner (Menteri Olahraga Perancis) dan meminta kepada Zlatan Ibrahimovic untuk mengklarifikasi dan meminta maaf atas ucapannya tersebut. 

Ucapan Mantan Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra mendapat tanggapan dari Noor Rachmad (Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung). Tanggapan tersebut terkait ucapan kasar dari Yusril yang ditujukan kepada Jaksa Agung dan Menteri Hukum dan HAM terkait penggunaan UU Nomor 9 tahun 1992 tentang Keimigrasian. Yusril menyebutkan bahwa kedua itu orang goblok karena tidak profesional menggunakan undang-undang tersebut. Atas ucapannya itu, Noor menghimbau agar Yusril mencabut kata-kata itu secara gentle. 


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Capek baca artikel yang serius-serius, gantian lihat video-video seru...buat refreshing