Menjaga Kesehatan Gigi Pada Anak-Anak





Banyak orang yang mendapat anjuran menjaga kesehatan gigi dengan menyikat gigi sehari dua kali. Akan tetapi banyak yang tidak mengetahui waktu yang tepat untuk menggosok gigi. Jika waktunya tidak tepat maka dalam jangka panjang dapat mempengaruhi kesehatan gigi.

Saat yang tepat untuk menggosok gigi sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan malam hari. Pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.  Kebanyakan orang menggosok gigi pada pagi hari ketika mandi sebelum sarapan dan pada saat mandi malam. Justru cara tersebut akan meningkatkan terjadinya penumpukan plak yang berasal dari endapan sisa makanan. Plak yang terbentuk tersebut dapat menyebabkan gigi berlubang dan menyebabkan gusi menjadi sakit.

Kerusakan gigi sering terjadi pada masa kanak-kanak dan remaja yang ditandai dengan adanya lubang pada gigi. Hal ini tentu dapat mengganggu prestasi anak-anak di sekolah jika kondisi ini sering terjadi dan berlangsung lama.

Plak merupakan lapisan tipis yang lengket, menempel pada gigi dan tidak berwarna. Plak dibentuk oleh bakteri dan menjadi tempat kediaman dari bakteri tersebut. Bakteri dalam plak akan merubah tepung dan gula yang berasal dari makanan dan minuman menjadi asam. Jika asam tersebut melekat dalam waktu yang lama maka dapat merusak permukaan gigi.

Untuk menjaga kesehatan gigi anak-anak, maka sejak sekarang kita perkenalkan kepada anak-anak untuk menyikat gigi dua kali sehari pada waktu yang tepat. Selain itu biasakan pula untuk memeriksakan gigi sejak anak berumur 3 tahun.

Selain cara diatas untuk menjaga kesehatan gigi, cara lain adalah dengan membiasakan untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis. 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Capek baca artikel yang serius-serius, gantian lihat video-video seru...buat refreshing

Wasit Pukul Pemain Sepakbola